1.
a. Produk
(Product) adalah adalah apa yang dapat ditawarkan didalam pasar untuk
dipertahankan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan
keinginan atau kebutuhan termasuk didalamnya adalah objek fisik, jasa, orang,
tempat organisasi dan gagasan
b. Harga
(Price) Dalam dunia akuntansi, harga merupakan turunan dari biaya dan juga
keuntungan yang diinginkan sehingga secara tidak langsung dapat diartikan bahwa
harga berbanding lurus dengan kualitas.
c. Distribusi
(Place), Place dalam konteks ini lebih mengarah kepada ketersediaan
dan penempatan produk. Ibarat pepatah mengatakan “posisi menentukan prestasi”,
maka komponen place menjadi sesuatu yang juga sangat vital. Dengan
semakin berkembangnya teknologi, akses konsumen terhadap suatu barang tidak
lagi dibatasi oleh ruang dan waktu
d. Promosi
(Promotion) Luas ruang lingkup kegiatan promosi dipengaruhi oleh macam-macam kegiatan
yang dipergunakan. Dan kegiatan promosi dari perusahaan saingan merupakan
faktor lain yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memasarkan
produknya. Promosi untuk barang/jasa saat ini sudah sangat
berubah dibandingkan 10-20 tahun yang lalu. Survey membuktikan bahwa saat ini
sebagai besar konsumen menghabiskan lebih dari 12 jam/hari didepan internet
melalui berbagai macam sarana seperti smart phone, netbook, ipad, tablet, dll
sehingga banyak penjual maupun perusahaan periklanan yang mulai merambah dunia
maya agar memperoleh perhatian yang lebih besar dari konsumen yang mereka bidik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar